Macam-Macam Tepung Terigu

Jumat, 02 Desember 20111comments

Adonan Roti
Salah satu bahan utama pembuatan roti adalah tepung terigu. Untuk mendapatkan hasil roti yang baik tentu bahan yang dipergunakan harus sesuai peruntukannya. Untuk itu kita perlu memahami macam-macam tepung terigu. berikut ini disampaikan macam-macam tepung terigu yang saya salin dari blognya mustika pertiwi. :)

Macam-Macam Tepung Terigu :

1. Terigu protein rendah
Tepung ini dibuat dari gandum lunak yang kandungan glutennya hanya 8% – 9%. Tepung ini memiliki daya serap terhadap air yang rendah sehingga sulit ketika diuleni, tidak elastis, lengket dan susah untuk mengembang.
Tepung ini cocok untuk kue kering, biskuit, pastel dan kue yang tidak perlu fermentasi.
Merk yang beredar dipasar adalah Kunci Biru dan Roda Biru

2. Terigu protein sedang
Tepung ini memiliki kandungan gluten 10% – 11%. Tepung terigu ini terbuat dari campuran terigu protein tinggi dan terigu protein rendah atau biasa disebut tepung serba guna.
Tepung ini cocok untuk membuat kue, bolu, kue kering dan gorengan.
Merk yang beredar dipasaran adalah Segitiga Biru dan Gunung Bromo

3. Terigu protein tinggi

Tepung ini dibuat dari gandum keras dan memiliki kandungan protein 11% – 13%. Tingginya kadar protein pada terigu ini membuatnya mudah dicampur, difermentasi, memiliki daya serap terhadap air yang tinggi, elastis dan mudah digiling.
Tepung ini cocok untuk membuat mie, roti dan pasta.
Merk yang beredar dipasar untuk tepung jenis ini adalah Caka Kembar atau Kereta Kencana.

Bogasari juga mengeluarkan tepung terigu yang berprotein lebih rendah daripada Kunci Biru, diberi label Lencana Merah. Sangat cocok untuk bikin makanan yang memerlukan kegaringan seperti kue kering dan gorengan.
Plus Bogasari juga mengeluarkan tepung terigu yang berprotein lebih tinggi daripada Cakra Kembar, diberi label Cakra Kembar Emas. 

Selain itu ada terigu Kastil dan Taj Mahal.  Yang Kastil merupakan terigu ekonomis untuk aneka roti dengan kandungan protein lebih dari Segitiga Biru dan lebih rendah daripada Cakra Kembar.  Sedangkan Taj Mahal untuk bikin roti India dan bikin roti gandum.


Bisa dibuka di www.bogasariflour.com bagian produk.


Sumber : http://mustikapertiwi.blogspot.com/2011/02/macam-macam-tepung-terigu-bogasari.html


Share this article :

+ comments + 1 comments

30 Oktober 2017 pukul 19.22

Kalo mau buat gorengan spt risoles dan pastel itu bagusnya tepung lencana merah atau segitiga biru? Atau malah dicampur keduanya?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Pantes Bakery - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger